Formasi Permainan Sepak Bola

Diposting pada

Live Streaming Bola – Sepak bola merupakan permainan yang ditunaikan secara beregu. Oleh gara-gara itu, kekompakan dan taktik kiat yang dapat digunakan dalam pertandingan amat menentukan. Formasi (sistem) dalam permainan sepak bola adalah cara penempatan ruang gerak serta proporsi tugas dari setiap pemain bersama posisi yang ditempatinya. Hal berikut berlaku pada waktu penyerangan maupun bertahan.

Dengan proses ini setiap pemain telah paham daerah atau ruang gerak masing-masing, paham apa yang wajib ditunaikan pada waktu menyerang dan kemana wajib bergerak serta siapa yang wajib dijaga kecuali pihaknya kalah bola. Dengan formasi maka pola penyerangan dan pertahanan dapat terkoordinasi dan kerja mirip dapat lebih terarah. Setiap formasi mempunyai ciri-ciri tersendiri.

Taktik Formasi Sepak Bola

 

Secara umum taktik sepak bola terbagi atas penyerangan dan pola pertahanan.

a. Pola Penyerangan
Berikut adalah misal pola penyerangan.

1. Pola Penyerangan 4-2-4
Pola Penyerangan ini terdiri atas empat pemain belakang, dua pemain sedang dan empat pemain depan. Empat pemain belakang terdiri atas gelandang kanan dan gelandang kiri. Adapun empat pemain terdiri atas dua orang penyerang dan kanan luar serta kiri luar.
Keterangan:
1   = Penjaga gawang
2   = Back kanan
3   = Back kiri
4   = Center back
5   = Center back
6   = Gelandang kanan
7   = Gelandang kiri
8   = Kanan luar
9   = Striker
10 = Striker
11 = Kiri luar

2. Pola Penyerangan 3-5-2
Pola penyerangan ini terdiri atas tiga pemain belakang, dua pemain tengah,  dan lima pemain depan. Tiga pemain belakang terdiri atas bek kanan, libero, dan bek kiri. Dua pemain sedang atau penghubung terdiri atas gelandang kanan dan gelandang kiri. Lima orang pemain depan terdiri atas kanan luar, kanan dalam, penyerang tengah, kiri dalam, dan kiri luar.

b. Pola Pertahanan
Berikut misal pola pertahanan,

1. Pola Pertahanan 4-4-2
Pola pertahanan ini terdiri atas empat pemain belakang, empat pemain tengah, dan dua pemain depan. Pemain belakang terdiri atas bek kiri, bek kanan, libero, dan stoper. Empat pemain penghubung sayap kanan, gelandang kanan, gelandang tengah, dan gelandang kiri. Adapun pemain depan terdiri atas dua orang penyerang tengah.

2. Pola Pertahanan 2-3-5
Pola permainan ini terdiri atas dua pemain depan, tiga pemain tengha, dan lima pemain belakang. Dua pemain depan terdiri atas penyerang kanan dan penyerang kiri. Tiga pemain sedang penghubung terdiri atas gelandang kanan, tengah, dan kiri. Lima pemain belakang terdiri atas stoper, bek kanan luar, bek kanan dalam, bek kiri luar, dan bek kiri dalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *