Cara Menjaga dan Merawat Mesin Genset Diesel

Diposting pada

Cara Menjaga dan Merawat Mesin Genset Diesel

Eragenset – Sebuah generator semahal apa pun harganya dan sebagus apa kualitasnya jika tidak diikuti dengan perawatan yang tepat hanya akan membuat mesin genset menjadi tua dan berkarat dalam waktu yang sangat singkat, untuk itu dibutuhkan perawatan yang tepat, tidak terkecuali jika genset yang Anda miliki adalah tipe genset diesel. Berikut ini cara merawat mesin genset diesel agar tetap awet dan tahan lama;

Melakukan Pengecekan

Mesin generator set diesel bekerja dalam tekanan kuat karena mengambil beban kinerja listrik yang tinggi. Tes secara tuin merupakan hal terbaik dan terpenting untuk membantu menjaga performa dari mesin genset, lumasi mesin genset akan membantu mencegah oksidasi dari bagian listrik dan pemakaian bahan bakar yang benar supaya mesin bisa bekerja dengan maksimal. Tes pada mesin genset ini bisa memastikan kinerja dari mesin gensetnya apakah mampu bekerja dengan baik atau justru menyebabkan kegagalan sistem.

Pengujian Baterai

Untuk membantu menghindari kerusakan pada mesin genset, baterai harus berada dalam kondisi penuh dan juga terawat. Pemeriksaan juga pengujian yang dilakukan secara rutin adalah hal terpenting untuk mengetahui jika kondisi baterai Anda baik, ini juga berfungsi untuk menghindari problem kegagalan pada mesin saat mesin genset dinyalakan dari genset diesel. Elemen yang tidak kalah penting adalah pemerliharaan baterai yakni supaya baterai genset Anda tetap berada dakam kondisi bersih.

Sistem Bahan Bakar

Filter dari bahan bakar wajib berada dalam kondisi dikeringkan apabila Anda tidak mau memakai genset atau genset tidak dibutuhkan karena tidak mati lampu, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan buruk uap air juga debu berada pada saluran bahan bakar mesin genset. Menguras bahan bakar sangat dianjurkan setidaknya 6-12 bulan sekali untuk menghindari kontaminasi. Bila Anda biasanya menyimpan bahan bakar untuk jangka waktu lama, penting untuk mengambil langkah terbaik yakni memakai bahan bakar yang memiliki kualitas terbaik yang bersih juga ramah lingkungan. Ada berbagai ancaman solar yang sudah terkontaminasi  memicu resiko memperpendek umur dari mesin genset Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *