Cara Mengetahui Berita Hoax atau Bukan Hoax

Diposting pada

Jika kita sering memakai media umum online mirip whatsapp, blackberry messenger, facebook, line, kakao, google hangout, yahoo messenger, twitter, dan lain sebagainya maka biasanya kita akan sering mendapatkan kiriman tulisan-tulisan yang bersifat informatif dari orang lain. Dari banyak goresan pena yang kita dapat, tentu sebagian daripadanya ada yang berisi informasi yang tidak benar sehingga mampu menyesatkan orang-orang yang membacanya.

Tulisan yang berisi info bohong biasa kita kenal dengan sebutan hoax. Hoax dari zaman sms pun juga sudah banyak beredar dalam masyarakat Indonesia. Namun alasannya yaitu keterbatasan jumlah huruf pada sms, maka hoax pun tidak begitu gencar dari segi kualitas maupun kuantitas. Jumlah huruf sms yang hanya 160 huruf dan mahalnya tarif sms menjadikan seseorang akan berpikir berkali-kali jikalau ingin membuatkan banyak sms hoax secara masal.

Akan tetapi di zaman yang tidak ada lagi batasan jumlah teks huruf pada suatu pesan, maka hoax pun seolah-olah merajalela di media-media sosial. Dalam sehari mungkin kita mampu mendapatkan banyak hoax yang dikirim dari teman-teman kita sendiri. Mungkin alasannya yaitu ketidaktahuan dan ketidaksengajaan mereka sehingga mengirimkan info bohong alias hoax kepada temannya sendiri.

Cara Mengetahui Berita Hoax atau Bukan Hoax

Untuk mengatasi info bohong atau hoax yaitu dengan melaksanakan pengecekan terhadap informasi yang kita terima dari orang lain. Jangan terburu nafsu mempercayai setiap pesan informatif yang dikirimkan oleh orang-orang yang kita kenal sekali pun sahabat yang kita sangat percayai. Cek dulu jikalau kita merasa ragu akan kebenaran info tersebut.

Cara mencek kebenaran suatu kabar info atau informasi yang kita mampu lewat media umum (seperti wa, bbm, line, fb, kakao, wechat, twitter, dll) yaitu dengan mencari informasinya di mesin pencari yang berkualitas. Cukup copy paste satu paragraf atau beberapa kalimat dari info yang mencurigai di mesin pencari terpercaya maka kita pun mampu mencari apakah ada orang lain yang sudah melaksanakan pengecekan terhadap informasi sama yang terindikasi hoax. Jika sudah ada maka kita mampu eksklusif tahu akan kebekaran kabar info yang kita terima tersebut. Namun kita pun harus berhati-hati dalam mendapatkan hasil pengecekan kabar info oleh orang lain yang tidak kita kenal.

Baca Juga : Download Lagu

Jika belum ada orang yang melaksanakan pengecekan atas informasi yang kita dapatkan, maka kita mampu mencari informasi yang berkaitan. Ada banyak artikel yang ada di situs web / website di internet yang mampu kita saluran yang mencari kebenaran atas informasi yang kita dapatkan. Jika berhasil maka kita mampu memberitahukan mitra kita atau orang lain yang mengirim informasi hoax kepada kita semoga si pengirim tersebut menginformasikan kembali kepada sumber pengirim informasi sebelumnya dan teman-temannya yang sudah dikirimkan goresan pena hoax. Selamat mencoba dan semoga berhasil, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *